Skip to content

SMPN 14 akan Gelar Supervisi Guru

July 22, 2011

BALIKPAPAN – Sebagai upaya meningkatkan kompetensi guru-guru mata pelajaran yang ada di Sekolah Standar Nasional (SSN) SMPN 14, direncanakan pada Selasa (26/7) mendatang akan digelar kegiatan supervisi guru yang dipantau oleh pengawas mata pelajaran Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Balikpapan.

“Pada Selasa mendatang kami akan melakukan supervisi kepada seluruh guru mata pelajaran di SMPN 14, hal ini untuk mengetahui kemampuan mengajar guru-guru saat berada di dalam kelas, dan akan disupervisi langsung oleh pengawas mata pelajaran dari Disdik yang saya datangkan langsung,” ujar Saeful Bahri SPd MPd kepada Balikpapan Pos, di ruang kerjanya, Jumat (22/7) kemarin.

Dijelaskannya, kegiatan supervisi ini untuk mengetahui kemampuan mengajar masing-masing guru sesuai kompetensi mata pelajaran mereka masing-masing, nantinya dari hasil supervisi ini akan dilihat komponen-komponen mengajar tiap guru.

“Kami sudah mempunyai materi supervisi, nantinya tiap pengawas akan langsung melihat kemampuan guru secara menyeluruh dalam mengajar di kelas, dari hasil supervisi akan dilihat kesiapan materi, nilai plus dan hal-hal yang masih belum disampaikan atau dikuasai guru untuk nantinya menjadi bahan evaluasi,” terang Saeful kembali.

Untuk kegiatan supervisi ini, ia melanjutkan, pihaknya melibatkan 16 pengawas mata pelajaran di antaranya mata pelajaran Agama Islam, Bahasa Indonesia, matematika, Bahasa Inggris, IPA, IPS, Geografi dan lainnya.

“Hari pertama sekitar 35 orang guru yang akan disupervisi dari jumlah 58 orang guru yang ada di SSN SMPN 14 ini, kemudian setelah supervisi ini pada akhir semester kembali akan dilakukan supervisi kepada mereka agar dilihat perkembangannya,” ujar mantan Kepala SMPN 17 Balikpapan ini.

Jika dari hasil supervisi ini ada kemampuan guru yang masih kurang, ungkap dia, pihaknya akan melakukan pemberian materi kembali dan bagi yang sudah dinilai bagus tentunya untuk dapat mempertahankan dan dapat meningkatkan kemampuan mengajar lagi.  (bp1)


No comments yet

Leave a comment